Rabu, 31 Agustus 2016

LEMBAR PERSIAPAN MENYULUH (LPM)


J  u d u l                    :  Pemangkasan Tanaman Jeruk
Tujuan                       :  Meningkatkan kwalitas Buah
M e t o d e                 :  Ceramah, Diskusi, simulasi peran, dan tanya jawab
M e d i a                     :  Leaflet, brosur, blangko
Waktu                        :  2 jam pelajaran (2 x 45 menit)

Pokok Kegiatan
Uraian Kegiatan
Waktu (menit)
Keterangan
Pendahuluan
1.    Salam dan perkenalan
2.    Menyampaikan tujuan Penyuluhan
1’
4
Ceramah

Sub total
5’

Isi/Materi
1.  Menjelaska Pengertian Pemangkasan tanaman jeruk.
2.  Menjelaskan tujuan pemangkasan tanaman jeruk
3.  Praktek langsung

10’

10’
10’

30’






1.    Ceramah

2.    Diskusi

3.    Praktek
Pengakhiran
1.    Kesimpulan

2.    Salam
3


2’



KONDA,  AGUSTUS 2016
PPL. ANNAS, SP                         

SINOPSIS

PEMANGKASAN TANAMAN JERUK

Tanaman jeruk agar produktif berbuah dan buahnya menghasikan mutu yang tinggi memerlukan beberapa perawatan. Salah satu perawatannya adalah pemangkasan ranting tanaman jeruk. Pemangkasan dilakukan setiap tahun. Baik tanaman jeruk yang belum berbuah ataupun sudah berbuah. Mengapa pemangkasan penting dilakukan dalam pemeliharaan tanaman jeruk?

Rimbunnya daun dan ranting tanaman jeruk mengisyaratkan bahwa tanah untuk menanam tanaman jeruk subur. Menanam jeruk tentu bukan untuk kita manfaatkan daunnya dan batangnya, namun buah jeruk itu yang kita harapkan bukan?

Ranting yang padat perlu dikurangi kepadatannya. Ranting ini dapat mengganggu masuknya sinar matahari ke bagian dalam pohon. Jika Sinar matahari kurang dan tidak dapat menembus ke dalam bagian pohon jeruk maka akan mengakibatkan keadaan lembab di sekitar tanaman jeruk. Akibat kemudian dapat mengundang datangnya cendawan dan kutu daun.  Mereka senang sekali dengan suasana yang lembab dan jauh dari sinar matahari.

Untuk mengurangi kepadatan ranting itulah kita melakukan pemangkasan. Beberapa ranting yang perlu dipangkas seperti, ranting yang tumbuh ke dalam, yang bertumpang tindih, ranting yang tidak sehat/kurus, dan ranting yang tumbuh liar. Selain itu cabang tanaman juga perlu dipotong ujungnya sampai batas yang kulitnya berwarna hijau kelabu-abuan. Tidak hanya itu cabang yang tidak beraturan, tumbuh liar, dan sakit-sakitan juga perlu dipangkas.

Dengan diapangkas ranting sebagian tersebut, ranting yang tidak dipangkas dapat tumbuh maksimal sehingga nantinya dapat menghasilkan bunga dan buah yang bermutu. Dengan dipangkasnya ranting ranting liar dan tumbuh kurang sehat, juga dapat merangsang tumbuhnya ranting yang sehat.

Tanaman jeruk tergolong tanaman yang kaya tunas air. Maka sejak awal tunas air mesti dibuang. Pang balik yang tumbuh searah dengan batang pokok harus dipangkas. Demikian pula dahan,cabang, ranting dan bagian lain yang mulai mengering atau sudah mati. Mesti dipangkas. Begitu pula tunas yang muncul pada batang bawah, pangkal batang dan tunas akar.

Cabang yang tumbuh dekat tanah, atau cabang yang merunduk sebaiknya dipangkas pula. Sebab jika tidak dipangkas nantinya bila ditumbuhi buah, buahnya tidak bermutu baik. Jikalau tidak buah yang berada pada ranting yang merunduk rentan ditumbuhi cendawan.

Dalam pemangkasan perlu dilakukan hati-hati. Pemangkasan yang berlebihan juga akan mengakibatkan tanaman jeruk kesulitan berfotosintesis dan akibatnya menghambat pertumbuhan bunga dan buah. Dalam pemangkasanjuga dituntut agar pemangkasan tersebut tidak  mengganggu keseimbangan tanaman. Pemangkasan dilakukan setepat mungkin. Lakukan pemangkasan sebelum kayu belum menua. Hal ini dapat diamati dari kulit tanaman jeruk yang kelabu-abuan.

Musim hujan adalah waktu yang baik dalam pemangkasan. Dan pemangkasan sebaiknya dilakukan pada waktu sore hari
                                                                                                                Konda, Agustus 2016
                                                                                                                 Penyuluh Pertanian



                                                                                                                    ANNANS,SP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar